Kehilangan seseorang bukanlah luka yang akan sembuh dengan cepat. Luka ini bagaikan luka yang akan selalu ada tetapi akan membaik dengan berjalan waktu. Saat saya kehilangan, saya merasa mati rasa dan tidak bisa mendengar apapun, perasaan ini tidak bisa dijelaskan dengan jelas dan detail. Tidak heran jika banyak orang yang bilang perasaan ini adalah perasaan terburuk yang bisa dirasakan oleh manusia. Sedihnya pun tidak ada obat atau tindakan yang membuat luka ini sembuh.  

Disya Rahmatiara

Penyesalan adalah salah satu perasaan yang buruk untuk dirasakan seseorang dan keduanya adalah perasaan setelah kehilangan seseorang yang kita sayangi. Seringkali kehilangan dan penyesalan berjalan seiringan saat kita kehilangan seseorang. Ketika kita berduka saat kehilangan, kita akan merasa penyesalan yang dalam, karena kita tidak bisa memutar waktu untuk bersamanya. Di hari esok kita harus menghadapi kenyataan bahwa kita tidak akan mendengar suaranya dan merasakan pelukan hangatnya lagi. 

Ungkapkanlah perasaanmu kepada seseorang yang berarti bagimu. Jangan menunggu besok karena besok tidak pernah terjamin. Tidak perlu melakukan banyak hal, hanya untuk membuat kita menyadari bahwa kita tak lagi memiliku waktu untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada orang-orang yang kita sayangi.

Jika kamu tidak mengungkapkannya, siapa yang akan mengungkapkannya untuk kamu? Jika kamu tidak mengungkapkan perasaan kamu kepada orang yang sebenarnya sangat berarti bagimu, maka hanya penyesalan yang akan kamu rasakan jika nanti waktu sudah terlambat. Jadi hari ini, saya ingin kamu mengatakan yang sebenarnya kepada orang-orang tersebut sebelum terlambat.

Kesedihan akan mereda, seiring berjalannya waktu

Di akhir, kesedihan akan mereda dengan berjalannya waktu. Jika iya, semua itu akan terganti dengan penerimaan atau penyesalah apa adanya. Jika kalian benar-benar menikmati setiap momen bersama dan selalu mengungkapkan rasa sayang setiap ada kesempatan, kalian akan bisa mengenang momen-momen indah itu dengan rasa damai, karena kalian merasa cukup memberi tahu orang tersebut seberapa pentingnya dia untuk kita.

Kemarin saya menonton dokumenter yang berjudul ’My Brother Jordan’. Di dokumentasi tersebut, banyak rekaman Jordan saat dia masih kecil, dengan kakak-kakaknya sampai akhirnya Jordan menghembuskan nafas akhirnya yang dikarenakan kanker. Dokumentasi ini dibuat oleh kakaknya yang bernama Justin, di sini Justin dan teman-teman mengungkapkan perasaan dan hubungan mereka dengan Jordan, selain itu juga mereka cerita momen-momen bahagia mereka bersama Jordan.

Sebuah dokumentasi yang sangat sederhana ini memberi banyak pelajaran kepada penontonnya, betapa pentingnya peran kakak atau adik di hidup kita dan seberapa penting-nya untuk terus sayangi mereka sebelum terlambat. Justin memberitahu penonton dokumentasi tersebut, bahwa dia sayang dengan Jordan. Bahkan jika ia bisa memutar balik waktu, ia akan melakukan apapun untuk membuat Jordan bahagia. Seorang individu atau Jordan mungkin tidak tahu pentingnya mereka di kehidupan seseorang, seperti kakaknya Jordan yang kesulitan untuk menempuh hidup barunya tanpa kehadiran Jordan. Menurut saya orang-orang harus lebih mengerti bahwa mereka itu lebih berarti dibandingkan apa yang dipikiran mereka sendiri.

Tak masalah jika kamu tak baik-baik saja setelah kehilangan

Setelah menonton dokumentasi tentang Jordan, saya tahu bahwa mengungkapkan perasaan dan menghabiskan waktu dengan orang yang sangat berarti itu sangatlah penting. Saya juga tidak mau telat untuk memberitahu mereka bahwa mereka adalah peran yang penting di hidup saya.

Kehilangan bukan hal asing lagi di hidup saya, tapi dari pengalaman seperti ini membuat saya lebih menghargai seseorang. Hal ini tentu terkait dengan kesehatan mental kita, karena dengan kehilangan seseorang secara otomatis kesehatan mental kita pun akan berefek berat. Contoh kesehatan mental yang mungkin akan muncul adalah depresi, hal ini terjadi karena perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap, tindakan, pikiran dan lain-lain.

Tidak perlu khawatir dengan hal ini karena tidak ada salahnya untuk merasa tidak baik-baik saja, lebih baik jujur kepada diri sendiri dengan apa yang sebenarnya dirasakan karena dengan jujur kamu bisa membantu diri kamu untuk membaik di waktu kedepannya atau pun jika kamu perlu bantuan dari seseorang, jangan sungkan untuk meminta bantuan tersebut. Kesehatan mental adalah hal yang serius dan harus ditangani dengan baik, jika tidak banyak hal yang kita tidak inginkan sebelum terlambat.

Betapa pentingnya menghargai waktu bersama orang-orang berarti

Saya ingin berbagi mengenai hal ini karena saya ingin dari pengalaman saya dengan menonton dokumentari ini dan pengalaman saya dengan harus kehilangan seseorang yang sangat berarti untuk saya menjadi pelajaran untuk kita semua di kedepannya. Betapa pentingnya untuk selalu menghargai waktu bersama orang-orang yang kita sayangi, karena kita tidak pernah tahu apa ini akan menjadi terakhir kali kamu akan melihat dan memeluk mereka. Hal lain yang terkait dengan topik hari ini yaitu betapa kita harus bersyukur dengan umur dan berkah kita yang sudah berikan Tuhan yang Maha Esa karena kita sudah diberikan waktu lebih untuk menikmati nikmat yang diberikan Tuhan. 

Apa pernah kalian merasakan bahagianya kalian di saat kalian sedang berkumpul dengan teman-teman dan sedang bersenang-senang? Rasanya seperti kamu selalu ingin bersama mereka dan tidak mau waktu ini berakhir. Hal seperti ini adalah hal yang menakutkan tetapi karena itu kita sebagai individu juga harus belajar bagaimana harus lebih menghargai sesama dan seberapa penting-nya untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita cintai.

Setiap ada kesempatan, Ibu saya selalu ingin makan bersama dengan keluarganya karena dia merasa, kebersamaan itu sudah langka di masa-masa seperti ini, karena itu ibu saya mengajarkan saya dan kakak-kakak saya untuk menghargai waktu selama kita masih ada kesempatan untuk bisa menghabiskan waktu bersama. 

Jika salah satu kerabat kamu sedang mengalami hal yang mirip dengan topik hari ini, kamu harus memberi mereka dukungan agar mereka tahu bahwa banyak orang di sekelilingnya yang sangat peduli dengan-nya, dan jika mereka ingin cerita, tolong didengarkan dan lebih baik untuk tidak bilang apa-apa tetapi cukup berada di sana untuk menunjukan dukungan kamu kepada dia.

Kehilangan seseorang bukanlah luka yang akan sembuh dengan cepat

Kehilangan seseorang bukanlah luka yang akan sembuh dengan cepat. Luka ini bagaikan luka yang akan selalu ada tetapi akan membaik dengan berjalan waktu. Saat saya kehilangan, saya merasa mati rasa dan tidak bisa mendengar apapun, perasaan ini tidak bisa dijelaskan dengan jelas dan detail. Tidak heran jika banyak orang yang bilang perasaan ini adalah perasaan terburuk yang bisa dirasakan oleh manusia. Sedihnya pun tidak ada obat atau tindakan yang membuat luka ini sembuh.  

Saya harap dari cerita dan pengalaman saya di sini, pembaca bisa belajar banyak dari pengalaman saya. Saya juga berbagi mengenai betapa pentingnya untuk mengungkap perasaan kita terhadap orang-orang yang kita sayangi. Kehilangan mereka pastinya bukan hal yang kita inginkan tetapi hal ini pasti terjadi kepada semua orang di dunia. Kita juga tidak mempunyai hak untuk mengubah apapun, karena itu gunakan waktu selama kita masih diberi kesempatan untuk membuat orang lain berbahagia.

Rasa yang paling indah itu adalah ketika kita masih bisa bertemu dengan orang yang kita sayangi dan masih bisa membuat momen yang indah untuk dikenang kedepan-nya. Sebelum saya mengakhiri cerita ini, saya ingin mengingatkan kita semua untuk beritahu perasaan kamu dengan mereka, sebelum terlambat karena jika kamu bisa yang menyampaikan, siapa lagi yang akan menyampaikannya kepada mereka?

Profil Penulis

Disya Rahmatiara adalah Mahasiswi Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta, Jurusan Marketing Komunikasi.

Categories: PEMBELAJARAN

Disya Rahmatiara

Disya Rahmatiara adalah Mahasiswi Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta, Jurusan Marketing Komunikasi.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us