Lima Ucapan Terima Kasih yang Layak Diungkapkan pada Diri Sendiri

Sewaktu kecil, seorang guru pernah berkata agar senantiasa mengingat dan mengucapkan tiga kata ajaib saat berinteraksi dengan orang lain: “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Nasihat mulia itu sempat berjeda tidak berhasil menembus nurani dan akal sehat yang mengeras di masa pubertas, lalu kemudian kembali hadir saat menempuh pendidikan di negeri sakura, hampir satu dekade silam. […]

Darurat Perundungan di Satuan Pendidikan Indonesia

Sepekan ini media sosial dikejutkan dengan pemberitaan memilukan yang dialami oleh anak perempuan dengan inisial SAH, anak yang duduk dikelas 2 di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Gresik, Jawa Timur. Nahasnya, perundungan (bullying) yang dilakukan oleh kakak kelasnya kepada SAH, yang mengakibatkan mata kanan SAH kini buta.  Miris tindakan ini bisa terjadi. Perundungan fisik […]

Semangat untuk Bangkit Menghadapi Trauma

Trauma merupakan pengalaman emosional yang diakibatkan oleh kejadian-kejadian yang tentunya tidak menyenangkan. Memori negatif itu sering kali tersimpan sampai bertahun-tahun lamanya. Ketika seseorang mempunyai trauma ini, respon pikirannya bisa berupa rasa sedih, panik, syok terhadap kejadian tersebut. Apakah kamu sedang berusaha bangkit dari trauma? Bagaimana hari-harimu akhir-akhir ini? Meski kita tidak bertemu, aku sangat ingin […]

Memahami Overthinking hingga Fase Memaafkan Diri Sendiri

Suatu hari pada pukul 3 pagi, saya hanya terbaring menatap langit-langit kamar kos dalam cahaya yang redup. Pekerjaan sudah selesai, tidak mengantuk namun merasa lelah, dan linimasa Instagram bahkan tidak menarik lagi. Hanya tersisa saya dan kecemasan yang memuncak. Banyak orang dewasa yang juga menemukan dirinya terjaga sampai pagi. Memasuki waktu Indonesia bagian overthinking, katanya. […]

Doomed Without Daddy : Peran Ayah dalam Hidup Anak Perempuannya

Saya beruntung hidup dikelilingi oleh perempuan-perempuan kuat yang tangguh. Mereka yang menyuarakan opininya dengan lantang. Mereka yang tahu persis apa yang diinginkan, dan apa yang dibutuhkan baik dari kehidupan, lingkungan, maupun pasangan. Mereka yang mampu mengambil keputusan tanpa ragu. Mereka yang dengan tegas pula menolak apabila mendapatkan perlakuan tak pantas, dari siapapun itu. Bertahun – […]

Merefleksikan Makna Kehilangan

Kehilangan dalam bentuk apa pun, pada akhirnya menyadari arti memiliki Selvy Arianti Kehilangan benda barangkali dapat tergantikan, meski tidak 100% sama dari yang sebelumnya. Kehilangan makhluk yang bernyawa dalam pelbagai cerita, lain lagi rasanya. Tidak menampik anggapan bahwa terkadang perasaan menghanyutkan. Manusia makhluk emosional, bukan?  Sekian tahun belajar untuk tidak terombang-ambing oleh perasaan maupun pikiran […]

People Pleaser Syndrome: Perilaku Baik, tapi Abai Kesejahteraan Diri

Dua minggu terakhir, berita tentang pelecehan seksual terhadap anak seolah tidak ada habisnya. Meski secara pribadi saya kerap menghindari berita-berita tersebut, tetapi saat membuka media sosial selalu ada saja berita baru tentang hal ini muncul di beranda. Rasanya sungguh menghancurkan hati, apalagi ada salah satu korban anak yang terinfeksi HIV AIDS akibat pelecehan yang ia […]

Memaknai Luka Batin: Perjalanan Perempuan Tumbuh Berdaya

Makna hidup bahkan bisa ditemukan saat kita dihadapkan pada situasi yang tidak membawa harapan, saat kita dihadapkan pada nasib yang tidak bisa diubah. Pada saat-saat seperti itu, kita menjadi saksi tentang adanya potensi manusia yang unik dalam bentuknya yang terbaik, yang bisa mengubah tragedi pribadi menjadi kemenangan, mengubah kemalangan seseorang menjadi keberhasilan. Viktor Frankl, dalam […]

Jangan Ucapkan Hal Ini pada Korban Kekerasan Seksual

Kesetaraan gender adalah salah satu dari tujuh belas poin dalam Sustainable Development Goals (SDG) yang terkandung dalam dokumen Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development. Agenda tersebut telah disepakati dalam pertemuan puncak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 25-27 November 2015. Indonesia adalah salah satu dari 193 negara yang turut serta mensukseskan seluruh agenda […]

Bukan Sekadar Empatik, tapi Memahami Peran Sebagai Katalisator

Maaf kak, saya jadi nangis. Rasanya gak nyangka ada yang percaya apa yang saya alami. Penyintas kekerasan seksual, di Ruang Aman Perempuan Berkisah, konseling via zoom Terkadang, kita sering merasa bahwa respon penyintas saat konseling di Ruang Aman Perempuan Berkisah terkesan berlebihan. Namun, bagi penyintas sikap empatik kita sangatlah berarti. Nyatanya memang tidak jarang penyintas […]

Jika Kamu Memiliki Orang Tua Beracun, Ingatlah Tujuh Hal Ini

“Harusnya kamu tuh bersyukur punya orang tua! Emangnya jadi orang tua gampang?” Begitulah reaksi yang rata-rata muncul dari ketikan netizen saat seseorang menuturkan secara singkat perasaan tentang orang tuanya. Termasuk salah satu perempuan dengan anonymous yang menceritakan perihnya hidup dalam cengkraman orang tua beracun, dia mengungkapkannya di sebuah akun base di Twitter beberapa bulan lalu. […]

Dear Psikiater, Stop Victim Blaming Korban Kekerasan Seksual

“Pandemi begini kok bisa terjadi kekerasan seksual? kamu keluar-keluar, ya? kok bisa terjadi, pakaian kamu seperti apa?” Ini adalah pernyataan yang mengandung victim blaming dari seorang Psikiater kepada pasien korban kekerasan seksual DISCLAIMER: Kisah pembelajaran ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam mendampingi penyintas kekerasan seksual. Apa yang tertulis dalam kisah ini, sudah berdasarkan consent (ijin) […]

Unsent Letter: Sampaikan yang Terpendam Tanpa Harus Tersampaikan

Ada sebagian unsent letter yang kubawa pulang ke tanah air. Tapi sebagian besar telah aku bakar dan abunya aku buang sebagai tanda, “Aku sudah benar-benar memaafkan ‘kamu’, yang namanya tertuju pada unsent letter ini”. Termasuk memaafkan diri sendiri yang telah bertindak bodoh hingga oppa Korea itu ilfeel berat, sepertinya. Saat kita membicarakan “luka”, sebenarnya tidak […]

Ucapan Terlarang saat Merespon Teman yang Ingin Bunuh Diri

Ketika ada orang terdekat yang memberikan sinyal darurat, wajar jika kita merasa bingung dan panik dalam memberikan reaksi yang pantas agar setidaknya apa yang orang tersebut pikirkan tidak menjadi kenyataan. Kecemasan pun seketika menyergap karena kita nggak bisa memprediksi di mana, kapan, dan bagaimana orang itu akan melakukanya. Idealnya, diharapkan kita mampu memberikan kata-kata baik […]

Pembunuhan oleh Perempuan dan Beban Memenuhi Keluarga Bahagia

“Perempuan itu kodratnya melahirkan dan merawat keluarga” , “Makanya jadi perempuan kalo punya suami dan anak itu diurus yang bener” Masyarakat membangun opini atas keluarga bahagia dengan komposisi ayah yang bekerja, ibu yang merawat, serta anak yang patuh dan ceria—baik tunggal maupun jamak. Pola imaji ini terus diproduksi oleh berbagai pihak di masyarakat melalui banyak […]

Perjalanan Pulihku: Memahami Emosi, Kerentanan Diri, hingga Perihal Mengakhiri Hidup

“Bahwasanya aku perlu mengalami liku-liku kehidupan agar paham, segala yang terjadi tidak semuanya sesuai harapan atau merupakan kejadian-kejadian yang baik saja. Kejadian yang buruk pun merupakan suatu pembelajaran.” – Selvy Arianti-  Pernah terlintas dalam benakku ketika mendapati beragam peristiwa yang kubaca maupun yang kudengar. Usut punya usut ketika mengetahui kronologis hingga apa yang melatarbelakangi peristiwa […]

Ketika Perempuan Kehilangan Sosok Tercinta

Senyumku, tidak selalu berarti kebahagiaan Dalam kehidupan hanya akan menjumpai dua macam kabar, gembira dan duka. Keduanya sering datang silih berganti dengan rentan waktu yang sangat bervariasi. Tidak pernah bisa diprediksi. Beberapa hari lalu, salah satu orang terkasihku pergi untuk selamanya. Duka selalu datang secara tiba-tiba. Dalam fase kehilangan, aku mencoba untuk bercerita tentang mencari […]

Contact Us